Rabu, 22 Februari 2017

Sejarah Permainan Futsal di Indonesia

Berbicara tentang perkembangan futsal di Indonesia, tak bisa lepas dari nama seorang Justinus Lhaksana, dia lah yang membawa Futsalke Indonesia.
Pria kelahiran 28 Juli 1967 ini pernah menjabat sebagai pelatih timnas futsal Indonesia pada tahun 2004 – 2007.
Dia pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan memegang sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda) serta pernah melatih klub divisi utama negeri kincir angin ini.
Di masa kepemimpinan Justin, timnas Indonesia pernah meraih prestasi Internasional dengan memperoleh medali perunggu pada SEA GAMES Thailand tahun 2007. Pada waktu itu Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 11 – 1.

Sejarah awal mula permainan futsall

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang sejarah dan perkembangan futsal di Indonesia, mari tambah wawasan Kamu dengan informasi seputar sejarah futsall dunia serta bagaimana terciptanya permainan futsal hingga bisa jadi seperti sekarang ini.

Kapan dan dimana futsal mulai dimainkan ?

Permainan Futsal pertama kali dipopulerkan di Montevideo ibukota Uruguay pada tahun 1930. Karena keunikannya, olahraga Futsal ini mendapat banyak perhatian dan selanjutnya menyebar ke seluruh Amerika Selatan.
Negara Amerika Latin dengan perkembangan Futsal terpesat adalah Brasil. Di masa-masa berikutnya Brasil selalu mendominasi dan menjuarai banyak kejuaraan Futsal tingkat dunia.

Lalu, siapakah penemu futsal ?

Capture
Juan Carlos Ceriani
Penemu futsal adalah Prof. Juan Carlos Ceriani , Pria kelahiran Buenos Aires, Argentina 9 Maret 1907.
Profesor yang juga seorang guru pendidikan jasmani ini tercatat sebagai lulusan Federasi Amerika Selatan YMCA yang sekarang disebut Federasi Amerika Latin.
Karirnya yang cemerlang di YMCA of Buenos Aires (Argentina) pada 1928-1929 , mengantarkannya menjadi pelatih timnas sepakbola Portugal yang pada waktu itu sedang melakukan persiapan untuk mengikuti piala dunia yang pertama.

Awal mula penemuan Futsal Oleh Juan Carlos Ceriani

Pada tahun 1930, Juan Carlos menjadi pelatih timnas sepakbola Portugal seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, sedangkan pelatihannya dipusatkan di Montevideo..
Dengan cuaca montevideo yang sering diguyur hujan, membuat program latihan timnas portugal yang telah disusun Juan jadi berantakan.
Tapi ternyata hal ini malah menjadi berkah …
Juan mengkolaborasikan berbagai cabang olahraga untuk mengatasi masalah tersebut. Hand ballbasket balldan polo air , ketiga cabang olahraga permainan inilah yang mendasari terciptanya Futsal seperti yang kita mainkan sekarang ini.
Alih-alih menjadi hambatan, dengan kondisi itu Juan mencari solusi dengan memindahkan latihan tim nya ke dalam ruangan.
Dan terciptalah Permainan FUTSAL

Mengapa dinamakan futsal ?

Asal nama futsal terdiri dari 2 kata yaitu futbol dan sala yang dalam bahasa spanyol berarti sepakbola dalam ruangan. Nama ini disesuaikan dengan Futsal sendiri yaitu cabang olahraga baru yang mengadopsi sepakbola dengan tempat permainan dalam ruangan.

Bagaimana aturan futsal terbentuk ?

Pada masa awal perkembangannya, Futsal dimainkan tanpa aturan yang baku. Aturan yang dipakai adalah kesepakatan kedua tim yang bertanding. Memerlukan waktu hampir 2 (dua) dasarawa agar futsal dapat diakui.
Perkembangan futsal terhambat karena tidak adanya aturan baku yang mengatur permain ini secara internasional. Hal ini terungkap ketika terjadi pertemuan beberapa tokoh Futsal di Sao Paulo, Brasil.
Untuk mengatasi hal ini, pada tahun 1935 dimulailah pertemuan marathon dengan beberapa tokoh Futsal untuk merumuskan bagaimana futsal dimainkan.
Karena kondisi terutama ukuran lapangan yang lebih kecil dari sepakbola,   maka harus ada perbedaan peraturan antara sepakbola dan futsal.
Setelah perjalanan panjang perumusan tersebut, akhirnya pada pertengahan tahun 1936 dikeluarkanlah peraturan Futsal pertama di dunia yang isinya tidak jauh beda dengan peraturan FIFA yang sekarang. Dan selanjutnya pada tahun 1954 aturan futsal dibakukan.


Perkembangan futsal di Indonesia


Setelah membahas sejarah awal mula terciptanya permainan futsal, mari kembali ke topik bahasan awal kita tentang sejarah futsal di Indonesia.

Trend futsal Indonesia tahun 2015

Dari data google trend yang saya ambil beberapa waktu lalu, perkembangan futsal di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun. Bahkan Indonesia menduduki peringkat ke 2 di dunia tahun 2015 ini untuk negara dengan pencarian kata kunci futsal terbanyak.
Hal ini sejalan dengan kenyataan yang dapat kita lihat di lapangan. Sekarang ini banyak sekali bermunculan lapangan futsal komersil di banyak kota. Dan hampir dapat dipastikan sebagian besar jadwalnya sudah penuh dibooking selama 1 bulan.
Orang-orang yang berjasa terhadap perkembangan futsal di Indonesia
Pesatnya perkembangan futsal di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari jasa dan kerja keras orang-orang ini :

Alm. Wandy Batangtaris

Wandy Batangharis adalah salah seorang anggota Komite Futsal FIFA dan Ketua Komisi hubungan luar negeri pada era Azwar Anas.
Peran Beliau terhadap perkembangan Futsal di Indonesia sangat penting dengan mendorong PSSI mengembangkan futsal.
Selain itu, Wandy Batangtaris juga berperan penting dalam pengadaan peralatan futsal di Indonesia seperti bola dan bahan lapangan futsal karena pada saat awal perkembangan futsal barang-barang ini sulit didapat di dalam negeri.

Alm. Ronny Pattinasarani

Ronny Patinasarani2
Ronny Pattinasarani
Ronny Pattinasarani pantas disebut sebagai pelopor dan pengembang futsal di Indonesia. Beliau adalah pelatih dan orang lapangan yang langsung terjun ke masyarakat untuk memperkenalkan futsal.
Bung Ronny (panggilan akrabnya) pernah mengikuti Coaching Clinic Futsal di Malaysia pada tahun 2000 atas instruksi dari PSSI.
Sejak saat itu lah, beliau mulai menyebarkan dan memperkenalkan futsal di berbagai kalangan terutama di SSB dan para pemain timnas.
Sebenarnya masih banyak orang-orang yang berjasa mengembangkan futsal di Indonesia, tapi yang paling menonjol adalah 3 (tiga) orang tersebut.
Wandy BatangharisRonni Pattinasarani dan Justinus Lhaksana yang telah disebutkan awal di depan.
Sumber : http://kaosfutsal.com/sejarah-futsal-masuk-ke-indonesia/

1 komentar:

  1. kalau menurut saya perkembangan futsal astau sepak bola di indonesia semakkin maju gan apa lagi generasi mudah lincah dan berbakat,..!!

    https://www.bolavita.vip/klik4d-pasang-togel-sg-hk-kl-nomor-online/

    BalasHapus